Minggu, 13 Oktober 2013

Banana Bread

10 Oktober 2013





Saat ini aku lagi mudik di rumah mamah di Bandung.Kulihat di meja ada beberapa pisang ambon yang udah item2.Wah pasti mamah lupa nih soalnya ketutupan toples2 dan kardus makanan.Tuh pisang udah bukan item lagi tapi bonyok banget sampe harus dibuangin beberapa bagian yang udah gak layak lagi.Wah harus segera dikaryakan nih, bikin apa ya?Karena peralatan di rumah mamah terbatas, kuputuskan buat bikin banana bread aja atau bisa juga disebut muffin pisang ( klo di tuang di loyang muffin ).Resepnya ngintip dulu di blognya mba Ricke-Ordinary Kitchen , berikut resepnya yaaa....

Banana Bread
 Bahan  : 
 230 gr Tepung terigu protein sedang
 100 gr Gula Pasir
   30 gr Gula aren bubuk
     2 btr Telur ukuran besar, dikocok lepas
 1/4  sdt garam 
 1/4  sdt soda kue
 1     sdt Baking powder
 113 gr  Margarine, dicairkan      
 1     sdt vanilla ekstrak/vanilla bubuk
 3-4  bh pisang ambon/cavendish, dilumatkan dengan garpu

 Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang loaf 23x10x7 ( aku pake 18x13x4 berhubung adanya pyrex ukuran segitu dan sisanya di tuang di beberapa cetakan muffin )oles sisi loyang dengan margarine dan taburi dengan sedikit terigu, sisihkan.
2. Siapkan wadah besar, ayak dan aduk terigu, soda kue, baking powder dan garam.Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk, aduk rata, sisihkan.
3. Dalam wadah lain , campur dan aduk rata pisang, margarine cair, telur kocok, dan vanilla ekstrak.Tuang ke campuran tepung, aduk dengan spatula asal tercampur rata.Tidak usah terlalu lembut dan tercampur sekali.
4. Tuang ke loyang,panggang selama 60 menit / sampai matang kecoklatan.Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi/lidi, bila sudah kering berarti kue telah matang.
       

Begitu jadi , hmmmmm wanginya , seisi rumah semerbak haruum banget.Paduan pisang dan harumnya gula aren menyatu banget.Banana Bread ini termasuk salah satu Quick Bread/roti cepat , karena pembuatannya termasuk cepat dan tidak memerlukan fermentasi yang lama seperti roti pada umumnya.Ciri khas roti ini adalah beremah banyak , teksturnya empuk dan moist meskipun sdh beberapa hari. Enak dinikmati dengan secangkir teh/kopi panas, dan cukup mengenyangkan .Paling seneng bikin quick bread karena buatnya mudah, gak pake mixer, tinggal aduk saja, gak ribet deh klo lagi males ngeluarin peralatan baking hehe..Kuncinya yaitu jangan overmix (mengaduk berlebihan) cukup asal tercampur saja karena nanti teksturnya akan keras. Yuks dicobain bikin...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar